Sabtu, 13 Agustus 2011

BURSA VALAS DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURS VALAS

A. Pengertian Valas (Forex/Foreign Currency)

Valas atau foreign exchange (forx) atau foreign currency diartikan sebagai mata uang asing dan alat pembayaran lainnya yang digunakan untuk melakukan atau membiayai transaksi ekonomi dan keuangan internasional atau luar negeri dan biasanya mempunyai catatan kurs resmi pada Bank Central atau Bank Indonesia.

1. HARD CURRENCY
Mata uang yang sering digunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung dalam transaksi ekonomi dan keuangan internasional disebut sebagai hard currency, yaitu mata uang yang nilainya relatif stabil dan kadang-kadang mengalami apresiasi atau kenaikan nilai terhadap mata uang lainnya. hard currency pada umumnya berasal dari negara-negara industri maju, seperti USD, JPY, DEM, GBP, FRF, AUD, SFR.
2. SOFT CURRENCY
Sedangkan Soft currency adalah mata uang emah yang jarang digunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung karena nilainya relatif tidak stabil dan sering mangalami depresi atau penurunan nilai terhadap mata uang lainnya. Soft currency ini pada umumnya berasal dari negara-negara yang sedang berkembang, seperti Rupiah - Indonesia, Peso-Filipina, Bath-Thailand dan rupee-India. 
3. CADANGAN DEVISA
Total Valas yang dimiliki oleh pemerintah dan swasta dari suatu negara disebut juga sebagai cadangan devisa. Cadangantersebut dapat diketahuai dari posisi Balance Of Payment (BOP) atau neraca pembayaran internasionalnya. makin banyak devisa yang dimiliki oleh pemerintah dan penduduk suatu negar maka berarti makin besar kemampuan negara tersebut dalam melakukan transaksi ekonomi dan keuangan internasional dan makin kuat pula nilai mata uang tersebut.

mungkin akan di bahas lebih lanjut di postingan selanjutnya,,

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel yang terkait
  1. B. Bursa Valas
  2. RATE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim SMS Gratiss